Subuh Mubarakah Universitas Negeri Padang; “Ummatan Washathan”

Subuh Mubarakah Universitas Negeri Padang; “Ummatan Washathan”

UNP (27/11/2020) – Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS Universitas Negeri Padang, menjadi panitia pelaksana kegiatan subuh mubaraqah pada jumat pagi ini. Kegiatan subuh mubaraqah merupakan agenda rutin UNP untuk melaksanakan shalat subuh berjama’ah. Bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi diantara civitas akademika seluruh warga UNP. Namun, pada kondisi pandemi, kegiatan subuh mubaraqah kita laksanakan melalui virtual zoom meeting. Meskipun dilakukan secara virtual, nampaknya tidak mengurangi antusias dari warga kampus untuk mengikuti tausiyah agama. Terbukti sebanyak 284 orang berhasil bergabung dalam kegiatan subuh mubaraqah pada jum’at pagi ini, jelas Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Aldri Frinaldi, S.H., M.Hum., Ph.D mengawali kegiatan.

Penceramah Subuh Mubaraqah kita pada Jumat pagi ini adalah Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau yang juga merupakan Alumni Al Azhar Kairo Mesir, terang pembawa acara subuh mubaraqah, Rahmadhona Fitri Helmi, S.Ap., MPM mempersilahkan Ustadz untuk memulai tausiyah agama.

"Umat Islam diharapkan menjadi orang-orang yang moderat yakni umat yang berada di tengah-tengah dan menjadi contoh bagi umat lain di dunia ini sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah, ini merupakan apa yang dikatakan sebagai ummatan wasathan" jelas Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A.

Lebih lanjut, Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. menjelaskan bahwa syariat di dalam agama Islam bukanlah dibuat oleh Rasulullah melainkan diturunkan Allah kepada Rasulullah. "Umat Islam yang moderat adalah umat yang berada di tengah-tengah seperti dalam melakukan ibadah yang tidak berlebih-lebihan," kata Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. Di dalam ceramahnya, Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. menjelaskan bahwa Ummatan Wasathan adalah umat yang menjunjung keadilan. Beliau juga mengatakan, sebagai seorang muslim kita berkewajiban menegakkan keadilan meskipun langit akan runtuh. "Ummatan Wasathan adalah umat Islam yang memiliki toleransi kepada umat lain, menyadari perbedaan merupakan hal sunatullah. Kita senantiasa bergandeng tangan meskipun memiliki perbedaan dan berlapang dada menerima hal yang berbeda," tambah Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. Menurut Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A., Ummatan Wasathan juga merupakan umat yang bermusyawarah dalam arti segala sesuatunya dilakukan bersama-sama, sehingga berbagai permasalahan harus dibicarakan dalam arti mengutamakan musyawarah. " Ummatan Wasathan adalah umat yang terus melakukan inovasi yaitu mengakomodir perubahan-perubahan/ kemajuan teknologi dalam arti Islam mengakomodasi perkembangan zaman," jelas Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A.

Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. menambahkan lagi, bahwa umat Islam diharapkan harus menjadi contoh atau tauladan, baik di level keluarga, masyarakat dan dimana pun kita berada. Diakhir tausiahnya, Ustaz Dr. H. Zulfadhli, Lc., M.A. menyampaikan bahwa umat Islam yang moderat juga umat yang harus mencintai tanah airnya. Nasionalisme itu diperlukan dan kita harus meyakini Indonesia adalah rumah kita.

WR I UNP, Dr. Refnaldi, M.Litt. menyampaikan umat Islam yang moderat adalah umat yang sesuai dengan syariat agama Islam. Dengan demikian, umat Islam memberikan atau menjadi rahmat bagi sekalian alam, dalam sambutannya pada akhir kegiatan Subuh Mubaraqah Universitas Negeri Padang.

Informasi

Bagian Tata Usaha dan Administrasi

Bagian Administrasi Departemen Ilmu Administrasi Negara FIS UNP Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat
Phone: 0751 70556671
Fax: 0751 70556671
Email: info@fis.unp.ac.id

Jurusan

Fakultas Ilmu Sosial

Geografi

Sejarah

Sosiologi

IAI

ISP