SOSIALISASI PENGISIAN APLIKASI SISTEM INFORMASI TERINGTEGRASI (SISTer) BAGI PARA DOSEN DI JURUSAN IAN FIS UNP

SOSIALISASI PENGISIAN APLIKASI SISTEM INFORMASI TERINGTEGRASI (SISTer) BAGI PARA DOSEN DI JURUSAN IAN FIS UNP

UNP – Juma’t (08/01/2021) Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN) mengadakan acara sosialisasi pengisian SISTer secara daring. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Dosen Jurusan IAN FIS UNP dalam pengisian data pada laman SISTer Kemenristekdikti.Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN) FIS UNP, Bapak Aldri Frinaldi, SH., M.Hum., Ph.D, dan seluruh jajaran dewan dosen Jurusan IAN FIS UNP. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Dr. Rahadian Zainul, S.Pd., M.Si dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNP.Selanjutnya, Ketua Jurusan IAN, Bapak Aldri Frinaldi, SH., M.Hum., Ph.D dalam sambutannya, menghimbau kepada seluruh dosen Jurusan IAN FIS UNP untuk dapat melengkapi data pada aplikasi SISTer. Setiap dosen melalui aplikasi SISTer bisa memasukkan seluruh data aktivitasnya atau kegiatan tridarma perguruan tinggi yang pernah dilakukan. Aplikasi ini teringtegrasi dengan Pangkalan Data Dikti yang akan membantu Dosen dalam pengisian portofolio. Sehingga diharapkan dosen menjadi peneliti profesional dan dapat meningkatkan karirnya kedepan.

Bapak Dr. Rahadian Zainul, S.Pd., M.Si selaku narasumber pada kegiatan ini dalam paparannya menjelaskan, aplikasi SISTer yang keluarkan oleh Kemenristekdikti merupakan bentuk upaya penggunaan teknologi informasi di lingkungan institusi pendidikan tinggi, khususnya dalam pengumpulan data dosen. Data ini dibutuhkan karena memiliki banyak kaitan dengan penerapan Tridarma Perguruan Tinggi, seperti; latar belakang pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas penunjang lainnya untuk bisa diinput kedalam sistem. Aplikasi SISTer membuat dosen dapat memasukkan, mengedit, dan menambahkan sendiri data untuk kelengkapan portofolionya.

“SISTER sebagai one-stop-service kedepannya diharapkan mampu melayani seluruh rangkaian portofolio, pemutakhiran data dosen, dan proses-proses terkait karir dosen. Sehingga pada akhirnya pendokumentasian seluruh aktivitas tridarma perguruan tinggi dan peningkatan karir dosen dapat berjalan dengan lebih mudah, efisien dan lebih memberikan kepastian informasi”, ujar Bapak Dr. Rahadian Zainul, S.Pd., M.Si melanjutkan penjelasannya.Diakhir acara, Bapak Aldri Frinaldi, SH., M.Hum., Ph.D menginformasikan kepada dosen-dosen senior agar tidak perlu khawatir jika belum bisa menginputkan datanya pada aplikasi SISTer. Beliau mengatakan, “dosen senior yang mengalami kendala dalam pengisian data pada aplikasi SISTer, nantinya akan dibantu oleh dosen-dosen muda”. Informasi ini pun disambut gembira oleh dosen senior yang hadir pada acara tersebut.

Informasi

Bagian Tata Usaha dan Administrasi

Bagian Administrasi Departemen Ilmu Administrasi Negara FIS UNP Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat
Phone: 0751 70556671
Fax: 0751 70556671
Email: info@fis.unp.ac.id

Jurusan

Fakultas Ilmu Sosial

Geografi

Sejarah

Sosiologi

IAI

ISP