Guest Lecture Departemen Ilmu Administrasi Negara FIS UNP

        

   Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) harus dilakukan secara optimal oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia, dalam rangka mewujudkan program MBKM di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, Departemen Ilmu Administrasi Negara (IAN) melaksanakan kegiatan guest lecture (kuliah tamu) pada mata kuliah Hukum Administrasi Negara, dengan mendatangkan praktisi ASN dari Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Riau, Bapak Syaifuddin Anshori Maulana Pohan, SH (Perwakilan Petugas Haji Kemenag Kanwil Provinsi Riau). Pada sambutannya, Kepala Departemen IAN, Bapak Aldri Frinaldi, SH, M.Hum, Ph.D menyampaikan bahwa kuliah tamu pada mata kuliah Hukum Administrasi Negara bertujuan untuk memberikan pengayaan pengetahuan kepada mahasiswa tentang perkembangan hukum administrasi negara di Indonesia dalam konteks empiris. Lebih lanjut disampaikan bahwa hal ini juga untuk mewujudkan MBKM terutama dari segi riset/ penelitian. Mahasiswa nantinya dapat mengembangkan ide penelitian berdasarkan pengayaan pengetahuan yang didapatkan dari kuliah oleh praktisi. Topik “Implementasi Regulasi Penyelanggaraan Haji di Indonesia”, dinilai dapat membuka cakrawala mahasiswa tentang regulasi dan persoalan dalam implementasi penyelanggaraan haji tersebut, tambah beliau. Nantinya apabila sudah dilakukan kerjasama melalui MoU dengan Kementerian Agama, Kanwil Provinsi Riau, maka tujuan MBKM melalui riset/ penelitian dapat diwujudkan.

            Di sisi lain ketua laboratorium Ilmu Administrasi Negara, sekaligus ketua panitia kegiatan guest lecture, Dra. Jumiati, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan kuliah tamu merupakan agenda kegiatan rutin dari laboratorium Ilmu Administrasi Negara. Dalam laporan yang disampaikan, beliau mengatakan bahwa mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah tersebut harus mengikuti kuliah tamu dengan serius agar mendapatkan informasi dan pengetahuan implementasi hokum administrasi negara di Indonesia secara empiris. Kegiatan kuliah tamu ini dihadiri oleh 300 orang mahasiswa dari berbagai angkatan pada Departemen Ilmu Administrasi Negara. Semangat dan antusias mahasiswa juga membuat perkuliahan menjadi menarik dan interaktif.

            Pemateri Bapak Syaifuddin Anshori Maulana Pohan menyampaikan materi tentang “Implementasi Regulasi Penyelenggaraan Haji di Indonesia”, beliau  memulai pemaparannya dengan menjelaskan tentang konsep hukum administrasi negara. Pada pemaparannya beliau menjelaskan bahwa hukum administrasi negara sebagai sekumpulan peraturan yang mengatur hubungan antara administrasi Negara dengan warga masyarakat, dimana administrasi negara diberi wewenang untuk melakukan tindakan hukumnya sebagai implementasi dari policy suatu pemerintahan. Terkait dengan hal itu implementasi regulasi penyelenggaraan haji di Indonesia merupakan aspek penting yang harus dipahami oleh semua pihak terutama warga negara Indonesia yang beragama Islam, hal ini mengingat penduduk Indonesia yang beragama Islam merupakan penduduk mayoritas di Indonesia.

 

            Kemudian dalam sesi diskusi dengan mahasiswa IAN, di antara hal yang dipertanyakan adalah penyebab permasalahan pelaksanaan haji di Indonesia. Hal itu direspons oleh Narasumber bahwa regulasi pelaksanaan haji sudah semaksimal mungkin dibuat oleh Pemerintah, implementasi yang tidak baik disebabkan karena ada persoalan teknis, permmasalahan dengan oknum petugas ataupun calon jamaah haji yang terbatas mendapatkan informasi. Adapun penutup dari pelaksanaan kuliah tamu ini, disampaikan oleh narasumber bahwa perkembangan hukum administrasi negara di Indonesia harus dipahami secara menyeluruh, terutama oleh mahasiswa departemen Ilmu Administrasi Negara baik secara teoritik maupun empirik.

Information

Bagian Tata Usaha dan Administrasi

Bagian Administrasi Departemen Ilmu Administrasi Negara FIS UNP Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat
Telepon: 0751 70556671
Fax: 0751 70556671
Email: info@fis.unp.ac.id

Jurusan

Fakultas Ilmu Sosial

Geografi

Sejarah

Sosiologi

IAI

ISP